Skip to main content

Ada apa dengan Processor AMD Ryzen?


Perseteruan dua kubu produsen raksasa , yakni intel dan Amd  seperti nya tidak tidak pernah berhenti dalam menghasilkan inovasi  demi merebut hati pengguna jagat teknologi. Intel dengan inovasi nya, telah berhasi mengeluarkan processor dengan  teknologi generasi ke 9 dimana ini lah yang paling muktahir saat ini dari Intel dan Harga nya juga terpaut jauh dari rival nya,Amd. Namun apakah harga yang mahal membuat Intel saat ini terpuruk? Jawabannya tidak, malah harga saham intel naik di bursa saham dunia yang menandakan produk intel laris manis di pasaran. Dan memang sudah terbukti  bahwa teknologi intel  lebih unggul dalam inovasi serta daya tahan nya.


Dalam waktu berjalan ini, saya mengamati produk processor keluaran AMD dan sangat takjub mampu menandingi Intel, keluar lah lini processor amd dengan tajuk Ryzen. Dalam setahun amd dengan ryzen nya menggemparkan jagat teknologi dengan luar biasa dan di sambut antuisias oleh pengamat. Dengan harga yang sedemikian murah, mampu membabat dominasi intel. Amd terdongkrak populer dengan teknologi Zen nya tersebut.


Namun fenomena terjadi pada amd, beberapa waktu ke belakang dan sampai saat ini saya sering jalan jalan ke e-commerce seperti buka lapak ataupun tokopedia, iseng searching produk amd ryzen. Dan terlihat ada produk Ryzen 3 di jual murah dalam kondisi bekas, bahkan ada juga dengan ryzen 5. Bagi saya itu menjadi tanda tanya, namun kemana saya akan bertanya?. Saya belum menyerah dan saya terus mencari berita yang membahas kelemahan ryzen. Dan akhirnya saya ketemu dengan pemilik langsung dan pengguna AMD ryzen.


Saya pun menanyakan ,” kalau boleh tny apa kelemahan processor tersebut gan?” si pemilik barang pun dengan bermurah hati menjawab ” klo dipasang vga diatas gtx 1060 ata rx 580, bakal ada microstutter pas main game, klo agan punya gtx 1060 atau rx 580 dipasang ryzen 3 ga masalah sih, microstutternya pling sdikit, itu aja sih, saya juga pernah oc sampe 3.7ghz pk cooler bawaan suhu max 65-69 derajat, kadang boost sampai 4ghz di task manager. itula jawaban yang melegakan saya berhari-hari. 


Oke, seperti nya sifat jangan terburu buru ada manfaat yang paling berharga. Rencana saya untuk membeli processor nya amd ryzen ini pun di batalkan untuk sementara waktu, dan rencana besar saya adalah akan membeli produk nya intel gen terbaru saja. Karena saya memnginginkan processor yang gahar untuk menunjang pekerjaan dan hiburan saya. Bagi saya investasi di kubu intel adalah sangat menguntungkan. Karena pc lawas saya menggunakan intel core2quad 9550 masih kuat menangani tuntutan kerja saat ini. Bayangkan processor 10 tahunan tersebut masih eksis di tahun 2019 ini.


Silahkan share ke saya apakah pembaca memiliki pengalaman dengan processor amd ryzen, karena kekurang fahaman saya mengenai teknologi dapat membantu saya dalam menentukan mana yang yang terbaik dari kedua produsen processor PC tersebut.


Salam Happy

Comments

Popular posts from this blog

Cara menambah swap di ubuntu

Swap adalah area atau ruang pada ‘hard-disk’ yang merupakan bagian dari memori virtual. Jadi, ia adalah memori sekunder (di luar memori primer/fisik yang berupa RAM). Memori Swap akan sangat berguna ketika memori utama sudah penuh terpakai, misalnya saat kita membuka banyak program/aplikasi yang rata-rata memakan banyak ‘resource’ pada RAM komputer kita. Namun karena ketidaktahuan sebagian orang tentang pentingnya membuat partisi Swap, kemungkinan ia cuma membuat satu buah partisi saja, yaitu partisi untuk ‘root’ (file sistem Ubuntu). Bisa juga karena lupa. Langkah-langkah membuat swap d ubuntu :

Cara menampilkan beberapa label di satu baris dengan tkinter python

  Untuk menampilkan beberapa label dalam satu baris dengan Python Tkinter, kita dapat menggunakan metode label pack() dan menyelaraskan semua label ke sisi yang sama. Mari kita ambil contoh dan lihat bagaimana menampilkan beberapa label dalam satu baris.     Langkah   yang di lakukan Impor library yang diperlukan dan buat instance bingkai tkinter.     Atur ukuran bingkai menggunakan metode geometry .     Buat label dan beri nama "Label 1". Atur fontnya dan berikan warna latar belakang. Selanjutnya, gunakan metode pack() dari label dan set side=LEFT untuk memaksa label memposisikan dirinya di sebelah kiri layar.   Demikian pula, buat dua label lagi, "Label 2" dan "Label 3" dengan warna latar belakang yang berbeda dan parameter paket yang sama.   Terakhir, jalankan mainloop dari jendela aplikasi. Berikut coding nya:     Output: Selamat Mencoba dan Good luck...  

Audacity - tools audio sequencer

Audacity adalah software pengolah audio. Beberapa manfaat dan kemampuan yang dapat Anda nikmati dari aplikasi gratis ini adalah : *Tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux, dan Mac OS X. * Dapat Anda gunakan untuk merekam audio secara langsung (live). * Dapat Anda manfaatkan untuk mengubah pita kaset Anda menjadi audio digital. * Mampu mengedit format file Ogg Vorbis, MP3, dan WAV. * Memiliki kemampuan memotong,menyalin, dan me-mixing materi audio,termasuk mengatur kecepatan atau pitch hasil rekaman. *Tersedia fitur Import - Export. *Tersedia beragam efek suara. *Tersedia fitur analisis frekuensi.